Sabtu, 17 September 2016

Sop Ikan Gurame


Assalamualaikum wr wb,
Sop Ikan Gurame sebagai menu makan siang kali ini benar2 mendukung cuaca yang dari pagi mendung dan siang yang sedikit cerah. 
Pak Jo tukang sayur tadi pagi nawarin Ikan Gurame yang masih seger, ada sekilo isi 2 ekor katanya. Semula sih cuman mo beli 1 ekor aja, minta difillet untuk bikin gurame asem manis kesukaan anak2. Tapi pas mo dipotong ikannya, kok aku jadi berubah pikiran karena liat ada kemangi, kenapa gak bikin Sop Ikan Gurame aja ya? Akhirnya minta ikannya dipotong jadi 4, batal difillet, dan nambah satu ekor lagi, jadi ada 8 potongan ikan. Kebetulan di rumah masih ada persediaan tomat ijo dan bumbu2 kayaknya lengkap, tinggal beli aer kelapa aja. Bikinnya juga sederhana aja, gak pake ribet.
Bahan:
- 1 kg ikan gurame, potong sedang
- 3 siung bawang putih, rajang tipis2
- 5 buah bawang merah, iris tipis2
- tomat hijau secukupnya
- daun jeruk, hilangkan tulang daunnya
-  sereh, potong2
- daun bawang, potong2
- air kelapa untuk membuat kuah gurih
- air untuk memasak
- garam, gula pasir dan merica
- segenggam daun kemangi

Cara membuat :
- Didihkan air dan air kelapa, masukkan bawang putih, bawang merah, sereh dan daun jeruk, masak hingga bumbu matang. Masukkan ikan, didihkan kembali kuah, tambahkan tomat, daun bawang, garam, gulpas dan merica. Cukupkan rasa sesuai selera. Matikan api kompor, masukkan daun kemangi. Hidangkan selagi panas.
Untuk sambalnya bisa menggunakan potongan cabe rawit yang dicampur kecap asin. Tapi karena lagi males makan yang asin2, aku pake cabe rawit merah yang langsung digerus di mangkok. Duh segernya.......

  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar