Sabtu, 14 Juni 2014

Pizza Udang Mayo

Assalamualaikum teman2, posting resep pertama nih.
Dah bulan Juni  tapi masih hujan terus. Sore ini juga hujan deres, perut jadi laper mulu. Daripada jajan, musti keluar rumah dan keluar duit, mending bikin2 yuk *gitu kata Dedek kalo dah lama gak bikin makanan alias masak, hehehe....
Kali ini  bikin pizza, yang seperti biasa pake adonan yang gak diuleni alias no knead pizza dough. Toppingnya pake yang ada aja di rumah. Masih ada udang kupas di kulkas, tumis2 sebentar dengan bawang putih dan bawang bombay, tambahkan garam, merica , gula pasir,  saus tomat,dan sedikit air, jadi deh topping udang saus tomat. Pas mo diolesin ke adonan pizza tinggal ditambah mayonaise deh.

Bahan adonan kuambil dari  blognya mb Endang:
- 180 gr terigu protein sedang
- 150 ml air hangat
- 1 sdt ragi instant
- 1/4 sdt garam
- 2 sdm minyak zaitun atau minyak sayur

Cara membuat sedikit kumodifikasi :
Campur ragi instant dengan air hangat, tunggu 10 -15 menit sampai berbuih, tambahkan minyak.
Aduk terigu dengan garam menggunakan sendok kayu sampai rata. Masukkan adonan cair, campur sampai terbentuk adonan yang basah dan lengket. Tutup baskom adonan dengan serbet, diamkan di suhu ruang kurleb 1 jam. Setelah 1 jam adonan akan mengembang, kempiskan adonan, tutup rapat lagi dengan serbet, simpan di kulkas minimal 1 jam.
Keluarkan adonan dari kulkas, kempiskan, adonan telah siap dipanggang. Cetak di loyang, kali ini aku pake loyang yang tidak ada lapisan anti lengketnya jadi loyang kupoles tipis dengan minyak.

Sementara menunggu adonan mengembang di kulkas, aku bikin toppingnya dari  blognya ummu fatimah, yang kuacak2, maap ya Ummu, dengan bahan :
- 1/2 buah bawang bombay agak besar atau 1 yang kecil yang dicincang
- 1 buah bawang putih kucincang halus
- 250 gr udang kupas
- sedikit garam, merica dan gulpas
- sedikit air.
- 5 sdm saus tomat

Bahan Tambahan :
- 1/2 bawang bombay potong2
- 1 buah paprika merah potong2
- Parutan keju cheddar, mozarella dan parmesan
- Bubuk oregano agar dapet wangi pizza
- Mayonaise

Cara membuat :
Tumis bawang putih dan bombay sampai harum, masukkan udang kupas, tumis sampai udang berubah warna. Tambahkan garam, lada dan gulpas secukup rasa. Masukkan saus tomat dan sedikit air. Matikan api kompor.

Cara memberi topping :
Campur topping dengan mayonaise, ratakan pada permukaan pizza yang telah ditaruh di loyang. Taburi dengan bawang bombay, paprika, tambahkan parutan keju cheddar, mozarella dan parmesan. Terakhir kumasukkan oregano bubuk biar dapat wangi pizza kayak yang beli di resto pizza, hihihi.....
Begini nih penampakan pizza yang siap panggang

Panggang pizza kurleb 20 - 30 menit tergantung oven masing2 ya. Setelah matang, keluarkan dari oven, potong2, siap deh dinikmati.

Ati2 jangan kebablasan makan pizzanya, mentang2 hujan dan ada yang anget2, karena makan pizza ini bagiku : sepotong tak kan pernah cukup, hahaha....tambah ndud binti buled aja neh...

Yuk ah dicoba bikin pizza tanpa diuleninya, teman2. Dijamin ketagihan wis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar