Minggu, 20 Juli 2014

Lumpia Bengkuang

Assalamualaikum,
Mo posting resep lagi ah, mumpung lagi rajin, hehehe.... Kali ini bikin Lumpia Bengkuang. Kangen ma Lumpia Semarang, tapi susah cari rebungnya. Kalopun ada, pasti mahal. Ditahan2 aja deh makan Lumpia Semarangnya, kan minggu depan dah mo mudik, bisa puas2in makan lumpia asli Semarang. 
Tapi iseng aja cari ide untuk bikin camilan buat buka puasa. Terus, seperti biasa deh blogwalking ke blognya mb Diah Didi, ketemu deh resep Lumpia Bengkuang...Easy & Yummy. Ternyata rasanya bener2 yummy, gak kalah ma lumpia rebung, malahan kalau lumpia bengkuang ini cucok untuk yang alergi dengan bau rebung.

Berikut ini resepnya yang kuambil dari sini.
Bahan :
20 lb kulit lumpia
2 buah bengkuang besar, kupas, potong korek api
250 gr udang dicincang
2 butir telur, kocok, dibikin scrambled

Bumbu :
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
2 sdt gula pasir (di resep asli 1 sdt)
1 sdm kecap manis (tambahan dari aku, biar warnanya coklat)
100 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat ala aku:
Bawang merah dan bawang putih dihaluskan, tumis hingga matang. Masukkan udang, tumis sampai berubah warna. Masukkan irisan bengkuang, bumbui dengan merica, garam, gula pasir dan kecap manis, tambahkan air. Cicipi, sesuaikan dengan selera, kalo aku sukanya gurih2 manis. Jika air sudah menyusut, masukkan telur yang sudah di-scrambled. Aduk rata, matikan api kompor, dinginkan isi lumpia.
Jika sudah dingin, isikan ke kulit lumpia, lipat bentuk amplop sambil dipadatkan, rekatkan dengan putih telur atau air matang. Siap digoreng dalam minyak banyak dan panas.
Hidangkan selagi panas dengan cabe rawit, acar ketimun ataupun sambal bangkok. Hmmm....so yummmy & so easy bener loh.
Kalo isiannya masih tapi kulit lumpianya dah abis, bisa diisiin ke tahu, trus digoreng pake tepung, jadi deh tahu isi bengkuang, hmmmm......



Tidak ada komentar:

Posting Komentar