Rabu, 20 Agustus 2014

Udang Goreng Butter ala Malaysia (Buttered Prawn)

Assalamualaikum,
Pas blogwalking ke food blognya teman-teman negara tetangga, trus ketemu yang lucu-lucu, unik maksudnya. Akhirnya nyangkut di resep dan cerita tentang Udang Goreng Butter ini yang ternyata berbeda dengan udang goreng mentega kita ala warung atau resto  chinese food di Indonesia. Udang goreng butter teman2 Malaysia menggunakan egg floss untuk taburannya, jadi kayak ada kremes yang menyelimuti udangnya.
Minggu pagi kemaren dah diniatin ke pasar dan beli udang yang agak gedean, langsung aja eksekusi resep yang dah lama di-bookmark. Resepnya kuambil dari blognya Kak Azie, di situ dilengkapi dengan gambar step by step, jadi kebayang gimana cara bikin dan hasil akhirnya.

Udang goreng butter ala Malaysia 
adaptasi dari Azie Kitchen

Yang warna merah itu yang ala aku ya....
Sarang Telur (Egg Floss) :
2 biji kuning telur (4 kuning telur)
1 senduk butter/margerin (2 sdm margarin)
1 cawan minyak masak (1 gelas minyak goreng)

Kocok kuning telur dengan garpu sisihkan. Panaskan minyak goreng dan margarin dalam wajan. 
Jika sudah panas, putar minyak dengan sendok sayur bulat besar. Tuangkan tinggi2 kuning telur kocok sedikit demi sedikit ke dalam wajan sambil terus memutar sendok hingga terbentuk adonan telur yang halus seperti abon hingga telur matang dan krispi (menurutku ini bagian terberatnya, capek dan pegel lengannya, hahaha.....).
Jika telur sudah matang, ditandai dengan warna kuning keemasan, angkat dari wajan, tiriskan.

Udang:
12 ekor udang (500 gr udang ukuran sedang)
Sedikit garam
Sedikit lada sulah (merica bubuk)
Minyak untuk menggoreng 
3 ulas bawang putih - dicincang (aku 6 buah bawang putih dan kutambah dengan 1 buah bawang bombay yang kuiris tipis dan kecil)
6-8 tangkai cili padi - dihiris (aku gak pakai)
5 tangkai daun kari (karena gak ada, kuganti dengan potongan daun bawang)
1/4 cawan susu cair/susu segar (aku pake 150 ml susu cair)
Sedikit butter/margerin untuk menumis
Sedikit serbuk lada hitam/putih - jika suka
Garam secukup rasa

Bersihkan bagian kepala dan kulit udang, cuci bersih (kukucuri dengan jeruk nipis, diamkan 15 menit, cuci kembali hingga bersih, tambahkan sedikit garam dan lada). Goreng udang sebentar saja dalam minyak panas sampai berubah warna. Angkat dan tiriskan, sisihkan.
Panaskan margarin di dalam wajan dan tumis bawang bombay hingga transparan, masukkan bawang putih,  tumis hingga berbau harum. Tambahkan daun bawang.

Kemudian masukkan susu cair dan masak sebentar. Masukkan udang yang digoreng tadi, tambahkan merica bubuk dan garam secukupnya. Koreksi rasa sesuai selera. Taruh udang yang sudah matang ini di atas piring saji. Gini nih tampilannya setelah diangkat dari wajan.

 Taburi dengan egg floss, sajikan dengan sepiring nasi hangat. Anak2ku sukaaaaaaaaaaa banget.

 Yuk dicoba yuk, pegel lengannya sepadan ma hasil masakannya yang mak nyuuuuusssss tenannn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar