Kamis, 11 Desember 2014

Brownies Kukus Pisang, simple and yummy

Assalamualaikum wr wb,
Lama tak nengokin blog saking sibuknya malesnya, hehehe. Kali ini mo ngisi blog dulu deh, sebelum 2014 berakhir. 
Brownies ini sangat berkesan bagiku karena ini adalah resep pertama yang pertama kucoba dan langsung berhasil. Kalo gak salah waktu itu bulan Juli, pas bulan puasa, nyobain nyari2 resep simple di internet, akhirnya pilihanku jatuh pada resep Brownies Kukus milik mb Endang Just Try and Taste. Bahan dan cara pembuatannya sederhana tapi pas dicoba setelah maghrib rasanya  hmmmmm sangat luar biasa. Sampai2 suamiku heran, koq bisa sih bikin kue? Hehehe, tks ya mb Endang. Sejak saat itu jadi ngefans banget sama Just Try and Taste, jadi sering nyobain bikin2 resep kue dan Alhamdulillah hasilnya  selalu memuaskan.
Berikut ini resepnya ya, yang dah cocok banget  :

Bahan: 
- 150 gram cokelat masak 
- 125 gram gula pasir 
- 3 sendok makan mentega/margarine suhu ruang
- 2 sendok teh vanilla extract atau 1/2 sendok teh vanili bubuk (jika menggunakan vanili bubuk, ayak bersama tepung terigu)
 
- 300 gram pisang ambon/cavendish/raja , haluskan dengan garpu
- 2 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
- 100 gram tepung terigu protein sedang
- 1/2 sendok teh baking powder double acting.
 
- 20 gram coklat bubuk bensdrop
- 1/2 sendok teh garam
 
Cara membuat:
1. Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti yang diolesi margarin.
2. Ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan coklat masak dengan cara ditim. 
4. Aduk coklat dengan spatula , tambahkan gula pasir, mentega/margarine, dan vanilla ekstrak, aduk hingga semua bahan larut dan menjadi halus.
 5.Tuangkan coklat leleh ke dalam mangkuk yang agak besar, masukkan  pisang yang sudah dihaluskan ke dalamnya, aduk rata. Tambahkan telur kocok, pastikan coklat tidak panas saat menambahkan telur agar telur tidak matang. Aduk hingga adonan halus.
6.Masukkan tepung dalam tiga tahapan, aduk perlahan dengan spatula hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Masukkan ke dalam dandang kukusan yang airnya telah mendidih, tutup permukaan dandang dengan kain bersih yang menyerap air, tutup rapat dengan penutup kukusan. 
7. Kukus kue selama 45 - 50 menit atau hingga brownies matang dan tidak lengket saat di tusuk dengan lidi. Keluarkan dari dalam dandang. 
8. Setelah dingin keluarkan dari loyang, poles dengan buttercream atau mentega, taburi keju parut di atasnya. Potong2, sajikan.

Sudah setahun lebih sejak mempraktekkan resep ini untuk pertama kali, sampai sekarang brownies kukus pisang ini selalu menjadi andalan kalo mo makan brownies enak dan pasti jadi.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar