Jumat, 01 Mei 2015

Pukis Banyumas

Assalamu'alaikum,
Dah ganti tahun tapi baru di bulan ke-5 ngisi blog lagi, bersih2in dari debu dulu ah, lap2 pake serbet, tiup debu2 tebel yang nempel di sana sini, hehehe..... Untung blognya belum sampe karatan ya?

Gimana kabarnya teman2? Semoga semua dalam kondisi yang baik ya...
Yuk kita ngaresep lagi.  Di Tangerang dan mungkin di Jakarta dan sekitarnya juga lagi booming Kue Cubit, si Kakak Avie (anak sulungku) suka banget ma Kue Cubit katanya yang setengah mateng lebih enak (ha, setengah mateng? iya, hehehehe....).
Trus aku sebagai Emak2 kekinian berusaha cari cetakan kue cubit untuk nurutin kesukaan nak mbarep, tapi dah beberapa toko yang didatangin ternyata stocknya lagi kosong, malah ketemunya cetakan pukis. Karena cetakannya bagus, tebel, dan harganya oke makanya dibeli juga (hahaha...dasar emak2 alay, nyarinya apa belinya apa #emoticon tepok jidat). Kalo gak salah harganya Rp115.000,00 plus Rp2.000,00 untuk cukitannya (lucu deh bentuk cukitannya, imut2 kayak yang beli #gubraakkkk). 
Sampe rumah cetakannya langsung dicuci dan dibersihkan dari bekas2 bakaran besinya yang berwarna hitam. Dah tahu kan ya cara ngebersihinnya? Kalo belum tahu ni ada caranya :
1. Panaskan cetakan di atas api, olesi dengan margarin atau minyak
2. Lap dengan serbet atau tisu dapur
3. Ulangi beberapa kali sampai tidak ada bekas hitam di tisunya
4. Cetakan siap digunakan.

Na, sekarang kita bikin pukis yuk. Sebenernya sebelum penasaran ma Kue Cubit dah terlebih dahulu penasaran ma Kue Pukis, soalnya si Dedek sukanya pukis keju yang dibeli di mall2 gitu. Makanya dah lama banget nyari2 resep pukis. Tapi ya gitu deh....karena lupa naruh resepnya dimana, jadi kemaren mulai browsing2 lagi dan ketemu dengan resep pukis banyumasnya mbak Rina di dapurnya Mbak Rina. Link resep aslinya bisa dilihat di situ ya, teman.
Aku bikinnya cuman setengah resep aja dan menyesuaikan dengan persediaan di dapurku, yaitu :
2 butir telur
150 gr gula pasir
250 gr terigu segitiga
1 sdt ragi instan
1 sdt vanili cair
Santan 375 ml (aku buat dari 1 bungkus santan instan kara 65 ml ditambah air sampai 375 ml)
1/4 sdt garam
3 lembar daun jeruk purut
1/4 kaleng susu kental manis
115 gr blueband cake and cookies
Potongan keju Chedar untuk toping pukis

Caranya aku mengikutin langkah2 pembuatan di dapurnya Mbak Rina, yaitu :
1. Rebus santan dengan daun jeruk nipis dan garam sampai mendidih, kemudian diamkan hingga hangat suam-suam kuku. Masukkan susu kental manis.
2-3. Kocok telur dan gula hingga mengembang, kemudian masukkan bahan kering (terigu, ragi, dan vanila bubuk) dan santan hangat ke dalam adonan kocokan telur, secara bergantian. Kocok pelan dengan mikser speed 1.
4. Masukkan blueband cair. Diamkan kurleb 1 jam.
5. Setelah 1 jam adonan akan mengembang.
6 Panaskan cetakan langsung di atas kompor tidak perlu alas. Setelah cukup panas masukkan adonan  hingga 3/4 tinggi cetakan.
7. Setelah setengah matang, masukkan potongan keju. Tutup cetakan dan biarkan hingga matang.

Pas mateng pukisnya langsung diserbu anak2, menul2, rasanya uenak, manisnya pas. Dan ternyata sampai paginya pukisnya masih empuk, gak keras. Sempet buat sangu ke kantor, kata temen2 sih enak. Cucok ni resepnya. Tks ya Mbak Rina.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar